5 Tips Memilih Sunscreen untuk Anda yang Kulitnya Mudah Berjerawat | Forum

Topic location: Forum home » General » General Chat
xysoom
xysoom Oct 7 '19

Meski dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, beberapa bahan dalam sunscreen mungkin tidak sesuai untuk Anda yang punya kulit mudah berjerawat. Jenis sunscreen tertentu malah bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat baru. Karenanya, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih produk perawatan kulit yang satu ini.sunscreen untuk kulit berminyak

Memilih sunscreen terbaik tanpa risiko berjerawat
Memiliki kulit mudah berjerawat tidak serta-merta membuat Anda harus menghindari sunscreen. Memakai sunscreen tetaplah penting, sebab paparan sinar matahari pada kulit yang tak terlindungi dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih sunscreen untuk kulit berjerawat.

1. Berbahan dasar mineral
sunscreen untuk kulit kepala
Sunscreen terbagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah sunscreen kimia yang mengandung oxybenzone, octinoxate, octocrylene, dan bahan kimia sejenis lainnya.

Sementara, jenis satunya adalah sunscreen mineral yang dibuat dari titanium dioksida dan zink dioksida.Keduanya aman untuk kulit. Namun, sunscreen mineral dinilai lebih bersahabat untuk pemilik kulit sensitif dan mudah berjerawat.Ini disebabkan karena bahan-bahan dalam sunscreen kimia dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi begitu terserap oleh kulit.

2. Terdapat label non-komedogenik
Saat membeli sunscreen, pastikan Anda membaca keterangan pada label kemasannya. Pilihlah sunscreen dengan keterangan non-komedogenik. Artinya, produk ini telah dirancang sedemikian rupa agar tidak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak memilih sunscreen yang mengandung banyak minyak ata parfum apabila Anda cenderung mudah berjerawat.

3. Tekstur ringan dan encer
Sunscreen berbentuk krim dan losion kental cocok bagi pemilik kulit normal serta kering. Sebaliknya, Anda yang memiliki kulit mudah berjerawat justru perlu menghindari jenis sunscreen kental seperti ini.Carilah sunscreen yang tidak kental dan mudah dioleskan pada kulit. Hindari sunscreen berbentuk krim yang membuat kulit terasa tebal atau lengket.

Pilihlah sunscreen lebih encer berbentuk cairan, gel, atau semprotan. Jenis sunscreen ini sesuai untuk pemilik kulit berjerawat karena mudah terserap tanpa harus menutup pori-pori.Anda pun bisa menggunakannya pada area tubuh yang ditumbuhi rambut.

4. Memiliki perlindungan yang luas
Matahari memancarkan dua jenis radiasi, yakni UVA dan UVB. Paparan sinar UVA dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini, dan memicu kanker. Sementara itu, sinar UVB adalah sinar yang membuat kulit Anda menjadi gelap dan terbakar.

Beberapa jenis sunscreen hanya melindungi kulit dari satu jenis sinar UV. Namun, sunscreen berspektrum luas cocok untuk pemilik kulit mudah berjerawat karena dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus.

5. Disertai SPF 30
SPF atau Sun Protection Factor menentukan kemampuan produk dalam melindungi kulit dari sinar UVB. Semakin tinggi SPF suatu produk, semakin besar perlindungannya terhadap kulit Anda.

Sunscreen dengan SPF 15 sudah dapat melindungi kulit dari terbakar matahari, baik untuk pemilik kulit normal ataupun berjerawat. Akan tetapi, Anda idealnya memilih produk dengan SPF 30 ke atas untuk mendapatkan perlindungan optimal.Memilih sunscreen mungkin bukanlah perkara sulit bagi pemilik kulit normal. Namun, Anda yang memiliki kulit mudah berjerawat tentu perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk menghindari efek sampingnya.

Share: